Minggu, 28 Oktober 2012

Proses Pembuatan Kopi Instan Skala Industri

Kopi instan, juga disebut kopi bubuk, merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang diseduh. Kopi instan secara komersial disiapkan baik dengan cara freeze-drying maupun spray drying, setelah itu dapat direhidrasi. Kopi instan dalam bentuk cair terkonsentrasi juga tersedia.

Keuntungan dari kopi instan antara lain kecepatandan kemudahan dalam persiapan karena kopi instan larut langsung dalam air panas, mudah dalam pengiriman/pendistribusian karena kopi instan mempunyai bobot dan volume lebih rendah dari biji kopi, dan memiliki shelf life lebih panjang meskipun kopi instan juga dapat rusak jika tidak dijaga tetap kering.

Proses pembuatan kopi instan adalah sebagai berikut:


































1. SORTASI

Buah kopi yang sudah diproses menjadi biji kopi akan disortasi lagi menurut bobot dan ukuran. Selama proses ini, terjadi proses pembersihan dari benda asing pada biji kopi hijau sebelum mengalami proses produksi. 



Biji kopi merupakan bahan baku minuman sehingga aspek mutu [fisik, kimiawi, kontaminasi dan kebersihan] harus diawasi sangat ketat karena menyangkut citarasa, kesehatan konsumen, daya hasil [rendemen] dan efisiensi produksi. Dari aspek citarasa dan aroma, seduhan kopi akan sangat baik jika biji kopi yang digunakan telah diolah secara baik. 

2. PENYIMPANAN

Biji kopi disimpan sesuai dengan keperluan penggorengan berikutnya. Biasanya, tempat penyimpanan biji kopi harus kedap udara dan disimpan di tempat sejuk, kering, dan terlindung dari cahaya. Karena Udara, kelembapan, panas, dan cahaya merupakan faktor-faktor lingkungan yang dapat merusak cita rasa kopi.


3. PENGGORENGAN/PEMANGGANGAN/PENYANGRAIAN/ROASTED



Kunci dari proses produksi kopi bubuk adalah penyangraian. Proses ini akan mempengaruhi rasa minuman karena akan mengubah biji kopi secara fisik maupun kimiawi. Berat biji kopi akan menurun karena hilangnya kelembapan dan peningkatan volume.

Proses sangrai diawali dengan penguapan air dan diikuti dengan reaksi pirolisis. Secara kimiawi, proses ini ditandai dengan evolusi gas CO2 dalam jumlah banyak dari ruang sangrai. Sedang secara fisik, pirolisis ditandai dengan perubahan warna biji kopi yang semula kehijauan menjadi kecoklatan. Proses ini dimulai saat suhu di bagian dalam biji kopi mencapai sekitar 200 derarat Celcius. Selama roasted, juga terjadi proses karamelisasi akibat panas yang memecah pati dalam biji, yang mengubahnya menjadi gula sederhana, kemudian berubah warna menjadi cokelat. Sukrosa dengan cepat akan hilang selama proses ini.

Pada proses ini juga, minyak-minyak aromatik dan asam-asam akan mengubah rasa. Pada suhu 205 derajat Celcius, jenis-jenis minyak lain mulai muncul. Salah satunya adalah caffeol yang menentukan aroma dan rasa kopi. 

Kisaran suhu sangrai yang umum adalah antara 195 sampai 205oC. Waktu penyangraian bervariasi mulai dari 7 sampai 30 menit tergantung pada suhu dan tingkat sangrai yang diinginkan. Kisaran suhu sangrai adalah sebagai berikut:
  • Suhu 190 –195 oC untuk tingkat sangrai ringan [warna coklat muda], 
  •  Suhu 200 - 205 oC untuk tingkat sangrai medium [warna coklat agak gelap] 
  • Suhu di atas 205 oC untuk tingkat sangrai gelap [warna coklat tua cenderung agak hitam]. 



4. PENCAMPURAN 

Untuk mendapatkan citarasa dan aroma yang khas, kopi bubuk bisa diperoleh dari campuran berbagai jenis biji kopi atas dasar jenisnya [Arabika, Robusta, Exelsa dll], jenis proses yang digunakan [proses kering, semi-basah, basah], dan asal bahan baku [ketinggian, tanah dan agroklimat]. Untuk Skala home industri pencampuran dilakukan dengan alat pencampur putar tipe hexagonal. 




5. EKSTRAKSI

Ekstraksi menggunakan pelarut air. Prosesnya melalui dua tahap yaitu Perkolasi ( dingin) dan Ekstraksi ( panas). Alatnya seperti yang dibawah ini :

Perkolasi





Ekstraksi per Batch





Ekstraksi bubuk kopi dilakukan secara batch dalam kolom dengan sirkulasi pelarut air perbandingan 1/3,5 pada suhu 80 oC selama 45 menit. Sisa bubuk hasil pelarutan dikempa secara manual untuk mengekstrak komponen kopi yang masih tertinggal. Kisaran rendemen ekstraksi antara 30 – 32 % [berat]. Sisa bubuk kopi merupakan limbah untuk diolah menjadi biogas. 

6. FILTRASI

Penyaringan dilakukan untuk memisahkan bagian tidak larut pada proses ekstraksi.

7. SENTRIFUGASI

Aroma kopi dipertahankan dengan cara reverse osmosis menggunakan membran filtasi. Selain itu, proses ekstraksi dengan panas juga akan mempengaruhi aroma, untuk itu pasca ekstraksi proses berikutnya adalah pendinginan ekstrak hingga suhu di bawah nol derajat celcius.




8. EVAPORASI

Fungsinya adalah untuk mendapatkan kadar ekstrak ideal




9. PEMISAHAN

Dipisah sesuai dengan kebutuhan hasil akhir olahan kopi yang dibutuhkan yaitu:
a. Spray Dried
b. Aglomerasi
c. Ekstraksi Biasa



10. a.1. Spray Drying

Prinsipnya adalah untuk menghilangkan air, dengan cara ekstrak dilewatkan dalam sebuah kolom; temperatur tinggi dalam kolom tersebut akan menguapkan air hingga didapatkan bubuk kopi. Bubuk kopi dikumpulkan pada bagian bawah kolom. Karbondioksida bertekanan tinggi disemburkan via nozzle dengan butiran halus kopi.





10. a. 2. Aglomerasi

Bubuk kopi spray dried direbus lagi untuk mendapatkan gumpalan antar partikel bubuk yang lebih besar, fungsinya adalah untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kuat.





10. a. 3 Ekstraksi

Kopi hasil ekstraksi awalan tidak mengalami proses lagi, dan langsung dikemas.


Sumber:
yupazq.blogspot.com
wikipedia.org
iccri.net
gambar dari berbagai sumber



14 komentar:

  1. Artikelnya menarik,semoga semakin sukses

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas artikel yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat membantu dan menambhaj ilmu pengetahuan< terimakasih

    BalasHapus
  4. Nice share. Please share this too.

    1. Espresso Grinders : http://www.toolsbuff.com/categories/Espresso-Grinders/

    2. Eureka KRE Espresso Grinder : http://www.toolsbuff.com/products/Eureka-KRE-Espresso-Grinder.html

    3. Compak F10 Fresh Espresso Grinder - Polished Aluminum : http://www.toolsbuff.com/products/Compak-F10-Fresh-Espresso-Grinder-%252d-Polished-Aluminum.html

    4. Broil King Sovereign XLS 20 Stainless Steel/Black 4-Burner (50,000 BTU) Liquid Propane Gas Grill : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Sovereign-XLS-20-Stainless-Steel%7B47%7DBlack-4%252dBurner-%2850%2C000-BTU%29-Liquid-Propane-Gas-Grill.html

    5. Broil King Baron S590 Stainless Steel 5-Burner Natural Gas Grill with 1 Side Rotisserie Burner : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Baron-S590-Stainless-Steel-5%252dBurner-Natural-Gas-Grill-with-1-Side-Rotisserie-Burner.html

    6. Mazzer Mini E Espresso Grinder - Type A : http://www.toolsbuff.com/products/Mazzer-Mini-E-Espresso-Grinder-%252d-Type-A.html

    7. Breville Grind Control Coffee Maker : http://www.toolsbuff.com/products/Breville-Grind-Control-Coffee-Maker.html

    BalasHapus
  5. Bermanfaat untuk referensi...bagi yang ingin bernama usaha kopi instan..

    BalasHapus
  6. Adakah yang berminat usaha kopi instan...kami siap menjadi pemasok kopi robusta Lampung ...baik graded maupun asalan..thx

    BalasHapus
  7. Saya menyediakan karung jumbo bag, sling bag kapasitas 500kg-2000kg kekuatan dijamin tersedia kondisi bekas ataupun baru, dan karung 50kg bekas ataupun baru ready bersta dar SNI, sudah berpengalaman sejak tahun 1995, cocok buat isi hasil bumi atau pertambangan sperti, pasir, silika, kapur, sawit, rempah2, biji2an, jenis plastik, dan grade food untuk makanan, susu bubuk, kopi, coklat bubuk, gula, garam dll, sudah berpengalaman kirim ke seluruh Indonesia dan terpercaya, perlu diketahui menggunakan packing jumbo bag menghemat biaya finishing dan pengemasan produksi
    Kontak hubungi :
    Wa: 081296230410
    Tlp: 081278692200
    Email : Fikriefridho99@gmail.com
    Lokasi- Serang-Banten dan jabodetabeka

    BalasHapus
  8. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus
  9. Kopi Bubuk Tanpa Ampas? Kopi seperti yang Kita ketahui pada umumnya memiliki cita rasa yang harum dan pahit. Namun ada satu hal lagi yang menjadi ciri khas dari kopi, yakni ampasnya. Nah bagi sebagian orang ampas dari kopi sangat mengganggu dalam menikmati sebuah kopi.

    Kopi Bubuk Tanpa Ampas?

    f:id:badrulmozila:20200331010241j:plain
    Kopi Bubuk Tanpa Ampas
    Tentu ada cara untuk membuat kopi tanpa ampas,

    1. Menggunakan saringan teh
    2. Menggunakan beberapa peralatan manual brew seperti V60, atau Vietnam Drip

    Tapi kalau ada bisnis dan pekerjaan diluar kota? Masak iya harus ribet bawa peralatan tersebut? Belum lagi harus menyesuaikan standar grind pada setiap menual brew tersebut.

    Lah kan di Taman Delta bisa custom, bebas pilih jenis grind bubuknya? Ya dong, tentunya bisa dan tidak dikenakan biaya tambahan. Tapi Taman Delta punya rekomendasi yang jauh lebih praktis untuk mendapatkan kopi tanpa ampas.

    Semudah dan se-praktis Drip Coffee Delta, bikin kopi tanpa ampas dan praktis tentunya.
    Kemasannya yang minimalis tentunya siap menemanimu kemana Kamu pergi. Soal penyajian kopi?

    Cara Penyajian Kopi Bubuk Tanpa Ampas (drip coffee)

    1. Buka Drip Coffee Delta
    2. Pasangkan Drip Coffee Delta di setiap sudut gelas/wadah
    3. Tuangkan air panas
    4. Angkat Drip Coffee Delta
    5. Tambahkan gula sesuai selera
    6. Kopi siap Kamu nikmati takut ampasnya ikut ketelen

    Selengkapnya bisa Kamu lihat pada video ya!

    Ingat, Drip Coffee Delta (Kopi Tanpa Ampas) dibuat dari kopi arabika asli yang telah dipilih kembali. Jadi bukan kopi instan loh ya. Drip Coffee Delta tersedia dalam 2 jenis varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

    #KopiTanpaAmpas #KopiBubukTanpaAmpas #DripCoffee #KopiTamanDelta #KopiPraktis

    BalasHapus
  10. Hallo bossku ^^ Bergabung bersama kami di PALAPA CASINO Yuk Bossku ^^
    Dapatkan Kejutan Yang tidak Pernah terduga ya bossku ^^
    PALAPA CASINO adalah Agent Casino Resmi Bossku ^^
    Bosan Kalah di Agent BO lainnya? PALAPA CASINO adalah solusinya ^^
    Permainan yang no BOT ^^ Tidak ada settingan dalam permainan ^^
    Tunggu apalagi ? Segera daftarkan untuk Para Pecinta CASINO dan Slot !!!
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Deposit HARIAN 10% ( MAX 100k, TO 2x )
    - Bonus Cashback 5% ( All Game ) Untuk Minimal Kekalahan Rp 250.000
    - Bonus ROLLINGAN 0.5% ( CASINO )
    - Bonus Refferal 0.5% ( All Game )

    "www.palapacasino88,info" (tanda koma diganti tanda titik)
    Jangan Salah Agent ya bossku ^^ Karena Jika bossku Salah Agent, Bossku Akan mengalami kekalahan yang banyak bos ^^
    Kami tunggu di PALAPA CASINO ya bossku ^^
    Kami online 24 Jam untuk Bossku ^^
    Contact Whatsapp :+855 967 869 525

    BalasHapus
  11. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    sbobet online
    casino online
    tembak ikan
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  12. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    BalasHapus
  13. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang salah satunya adalah jasa pembuatan Rainbow slide / perosotan warna warni.
    Pelangi slide, juga disebut sebagai empat musim salju slide atau tabung Salju kering. Pelangi slide sebagai hiburan populer dalam beberapa tahun terakhir, adalah jenis proyek hiburan yang meniru ski dengan menggunakan bahan plastik halus yang dusebut juga PE/PP yang sangat aman digunakan untuk berbagai macam pembuatan wahana. Selain itu jenis bahan ini mudah dibersihkan dalam proses perawatannya.Dirancang sempurna untuk anak - anak dan balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami cedera saat bermain. Memiliki warna-warna yang cantik dan sangat cocok diaplikasikan ditempat wisata seperti :
    - Waterpark
    - Taman bermain,
    - Playground, DLL.

    Jadikan usaha anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lain
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut di
    Wa/Telp : 0811-1252-0824 Rahma

    follow juga sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru :
    https://rainbowslidejakarta.blogspot.com/
    PINTESEST : rainbowslidejakarta
    TWITTER : SlideRainbow

    BalasHapus